CONCACAF meluncurkan format kualifikasi baru untuk Piala Dunia 2022

CONCACAF telah meluncurkan format kualifikasi baru untuk Piala Dunia 2022 di Qatar setelah COVID-19 memaksa rejig dari sistem yang biasa, badan yang mengatur sepak bola di Amerika Utara dan Tengah dan Karibia mengatakan pada hari Senin.

CONCACAF meluncurkan format kualifikasi baru untuk Piala Dunia 2022

Format baru, yang akan menampilkan semua 35 anggota kawasan itu, telah dibagi menjadi tiga putaran qqaxioo dengan yang pertama dimainkan pada Oktober dan November dengan tim-tim yang diperingkat dari No. 6 hingga No. 35 di CONCACAF pada 16 Juli ditarik ke dalam enam kelompok lima.

Babak kedua, yang akan dimainkan pada Maret 2021, akan menampilkan enam pemenang grup dari fase pertama yang saling bertarung dalam pertandingan yang telah ditentukan sebelumnya untuk menentukan tiga tim mana yang maju ke babak ketiga dan terakhir.

Pemenang putaran kedua akan bergabung dengan lima tim teratas di peringkat CONCACAF – Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika, Jamaika, dan Honduras – di babak final delapan tim di mana masing-masing tim memainkan 14 pertandingan, di kandang dan tandang, melawan tujuh lainnya.

Tiga tim teratas dari babak final, yang akan dimulai pada Juni 2021, akan lolos ke Piala Dunia, sementara tim yang berada di posisi keempat akan menghadapi Playoff Intercontinental pada Juni 2022.

Presiden CONCACAF Victor Montagliani mengatakan format baru ini memiliki beberapa brankas yang dibangun di dalamnya, termasuk menjadwal ulang jendela pertandingan internasional FIFA tertentu, jika ada rintangan baru yang terkait dengan coronavirus yang muncul.

“Ada beberapa mekanisme yang dibangun di mana kita dapat berporos jika perlu,” katanya pada panggilan konferensi. “Tetapi jika ’21 mulai meniru tahun 2020 dengan baik maka saya pikir bukan hanya CONCACAF yang harus kembali ke papan gambar tetapi seluruh dunia sepakbola.”

Di bawah format yang biasa untuk babak final kualifikasi Piala Dunia CONCACAF, yang dikenal sebagai Hex, enam negara teratas dalam peringkat kawasan itu berjuang untuk tiga tempat Piala Dunia sementara tim yang berada di posisi keempat maju ke playoff.